Translate

Minggu, 26 Februari 2017

Cara Membuat Boneka Keropi Dari Kain Flanel

Assalamu'alaikum Wr. Wb


Kali ini saya akan berbagi ilmu mengenai Cara Membuat Boneka Keropi Dari Kain Flanel. Yaaap kain flanel bisa berubah menjadi kreasi yang unik dan menarik serta memiliki nilai jual yang tinggi Looh Teman -Teman, dan saya sudah buktikan sendiri boneka flanel yang saya buat Alhamdulillah sudah menghasilkan uang untuk diri saya dan partner kerja saya, Yaah hasilnya lumayan untuk buat Jajan dan Nabung, Heheeh. Yang pasti harus tetap Bersyukur.
1 Minggu yang lalu saya membuat Tutorial Cara Membuat Boneka Panda Dari Kain Flanel.
Dan sekarang saatnya untuk Cara Membuat Boneka Keropi berekspresikan Sleep (Mengantuk) Heheeh, Lucuu kaliii yaah. Naah saya akan berbagi tutorial untuk membuatnya. Mari kita simak.

Yang diperlukan untuk proses pembuatan Boneka Keropi adalah sebagai berikut :


  1. Kain Flanel bermacam - macam warna
  2. Siapkan Dakron / Kapas
  3. Siapkan Gunting
  4. Siapkan pola yang akan dibuat, ini sangat penting dalam proses pembuatan boneka
  5. Siapkan jarum dan Benang jahit 
  6. Dan yang terakhir kita siapkan acsesories seperti mata, mulut serta ring gantungan.
Iyah langsung saja kita mulai membuat bonekanya, kita siapkan pola keropi terlebih dahulu, kemudian gunting pola tersebut, setelah pola sudah selesai di buat lalu kita tempelkan ke kain flanel kita, kaitlah pola keropi dengan jarum pentul atau jarum jahit agar pola tersebut tidak bergeser kemana - mana, setelah itu kita gunting kain yang sudah tertempel pola. Kalau semua pola sudah selesai maka kita akan melanjutnkan proses selanjutnya.
Yaitu penjahitan ya jahitnya mulai dari badan Keropi, lalu ikuti sampai badan akhir kemudian lanjutkan penjahitannya langsung ke kepala Keropi ini dan sisakan sedikit lubang di kepala 
Keropi guna untuk pengisian Dakron. Sebagai contoh ini hasil pola yang saya buat.


Setelah proses penjahitan sudah selesai, maka kita lanjutkan ke bagian pengisian yaitu dengan Dakron. Pengisiannya mulai dari bagian kepala yang tadi sudah kita sisakan penjahitannya. Isi sepadat mugkin, agar terlihat gemuk dan tidak kempong (lunak). Hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini.


Kemudian setelah proses pengisian bagian kepala telah selesai, kita lanjutkan pengisian bagian badan Keropi. Caranya sama, Isi hingga badan padat serta tidak terlihat kurus.
Hingga terlihat seperti gambar dibawah ini.




Naaah langkah selanjutnya yaitu Pengeleman, sekarang dimulai dari Mata Keropi dulu.
Siapkan bagian mata keropi yang bewarna putih, ambil Lem Tembak kemudian ambil mata keropi yang bewarna hitam, Lalu pas-Kan kemudian rekatkan.
Hingga terlihat seperti gambar dibawah ini.

Baru setelah sudah proses penempelan Mata Keropi selesai, kita lanjutkan penempelan Baju Keropi. Gampang kook tinggal nempelin ajhaa, Hihiiw.
Ambil bagian baju Keropi yang berwarna biru kemudian pasangkan dan rekatkan dengan Motif garis merah. Akan terlihat seperti gambar dibawah ini.



Untuk langkah selanjutnya adalah menempelkan semuanya, mulai dari (Mata, Hidung, serta Baju) ke Badan Keropi. Kita pas-Kan yaah, jangan asal tempel ajhaa. *Just Kidding Looh
Akan terlihat seprti gambar dibawah ini.


Itu tadi Tutorial Cara Membuat Boneka Keropi Dari Kain Flanel. Tidak sulit bukan Teman - Teman, Yaah bisa dibilang pembuatan Kerajinan dari Flanel ini harus dibutuhkan Kesabaran, Ketelitian, serta Kefokusan. Setelah semua itu sudah didapatkan Aal-hasilnya gak bakalan kecewa Kook. In Sha Allah :-)
Sudah duluu yaah, Selamat mencoba dan Berkreasilah se-Mau Kita. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk tinggalkan pesan atau Komentar dan Icon G+ nya yaah. Sampai bertemu lagi di Tutorial berikutnya.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar